Pengelompokan Kabupaten Dan Kota Di Jawa Timur Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Dengan Menggunakan Metode K-Means Tahun 2020-2021

Grouping of Regencies and Cities in East Java Based on the Human Development Index Using the K-Means Method in 2020-2021

Penulis

  • Heru Eko Prastyo BPS Kabuaten Magetan
  • Ferry Ilfana Badan Pusat Statistik Kabupaten Magetan

Kata Kunci:

K-Means, Analisis Cluster, Indeks Pembangunan Manusia, Manova

Abstrak

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan alat ukur yang dapat digunakan untuk melihat upaya dan kinerja pembangunan manusia disuatu wilayah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokan wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur yang mana hasil dari pengelompokan ini dapat digunakan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memfokuskan perencanaan pembangunan pada kelompok yang memiliki tingkatan pembangunan manusia yang masih rendah. Metode yang digunakan adalah analisis cluster K-means. Kabupaten dan kota di kelompokan kedalam 4 kelompok yang mana anggota dari kelompok 1 adalah Sidoarjo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Madiun, dan Kota Surabaya dengan karakteristik kelompok dengan tingkat IPM tinggi. Kelompok 2 : Gresik, Kota Pasuruan, Kota Batu, Magetan, Kota Probolinggo, Tulungagung, Kediri, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Lamongan dengan karakteristik kelompok dengan tingkat IPM diatas rata-rata. Kelompok 3 : Probolinggo Sumenep, Ponorogo, Banyuwangi, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Malang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Pasuruan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, dan Pamekasan dengan karakteristik kelompok IPM tingkat sedang. Sedangkan yang terakhir adalah kelompok 4 dengan anggota Lumajang, Bangkalan, dan Sampang dengan karakteristik kelompok IPM rendah.

Referensi

A. N. Fathia., dkk., “Analisis Kelompok Kecamatan di Kabupaten Semarang Berdasarkan Potensi Desa Menggunakan Metode Ward dan Single Linkage”. Semarang, Jawa Tengah : Universitas Diponegoro, 2016.

A. M. Sikana, dan A.W. Wijayanto., “ Analisis perbandingan pengelompokan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Tahun 2019 Dengan Metode Partitioning dan Hierarchial Clustering,” jurnal Ilmu Komputer Vol. 14 No 2, pp. 66-78, 2021.

B. Harahap., “Penerapan ALgoritma K-Means Untuk Menentukan Bahan Bangunan Laris (Studi Kasus Pada UD. Toko Bangunan YD Indarung)” Medan, Sumatra Utara : Politeknik Teknologi Kimia Industri, 2019.

BPS Provinsi Jawa Timur., “Provinsi Jawa Timur Dalam Angka Tahun 2021”. Surabaya, Jawa Timur : BPS Provinsi Jawa Timur, 2022.

BPS Provinsi Jawa Timur., “Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Timur 2020-2021. Surabaya, Jawa Timur : BPS Provinsi Jawa Timur, 2022.

F. M. Izzadin., “Optimalisasi Jumlah Kelompok K-means Dengan Metode Elbow dan Silhouette Pada Produktivitas Tanaman Pangan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018”. Yogyakarta, D.I. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2018.

I. Wahyudi., dkk., “Analisa Penentuan Cluster Terbaik Pada Metode K-means Menggunakan Elbow Terhadap Sentra Industri Produksi di Pamekasan”, Sumenep, Jawa Timur : Institut Sains dan Teknologi Annuqayah, 2021.

M. M. Putri., dan K. Fitriasari., “Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kesehatan Masyarakat Menggunakan Metode Kohonen SOM Dan K-means”, Surabaya, Jawa Timur : Institut Teknologi Sepuluh November, 2015.

R. Sawal., “Penggunaan Uji Multivariat Page Pada Rancangan Acak Kelompok Lengkap”, Makasar, Sulawesi Selatan : Universitas Hasanudin, 2017.

S. Machfudhoh., dan N. Wahyuningsih., “Analisis Kelompok Kabupaten/Kota Berdasarkan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur”, Surabaya, Jawa Timur : Institut Teknologi Sepuluh November, 2013.

Z. Rizaldi., “Pengaruh Tingkat Jumlah Penduduk, Pengangguran, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi Dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010-2016.” Dspace : Universitas Islam Indonesia, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

25-08-2022

Cara Mengutip

Eko Prastyo, H., & Ilfana, F. (2022). Pengelompokan Kabupaten Dan Kota Di Jawa Timur Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Dengan Menggunakan Metode K-Means Tahun 2020-2021: Grouping of Regencies and Cities in East Java Based on the Human Development Index Using the K-Means Method in 2020-2021. Jurnal Ilmiah Komputasi Dan Statistika, 2(1), 22–32. Diambil dari http://jikostik.org/index.php/jikostik/article/view/jikostikvol2no12022prastyo

Terbitan

Bagian

Articles